Sabtu, 24 Desember 2016

Cara Pindah Konten Wordpress ke Blogspot

Description: Cara Pindah Konten Wordpress ke Blogspot
Rating: 4.5
Reviewer: Dugagc
ItemReviewed: Cara Pindah Konten Wordpress ke Blogspot

Sebelum membaca tutorial pindah dari wordpress ke blogger ini sebaiknya pahami dulu quote berikut ini, agar anda tidak salah baca dan membuang waktu. Tulisan ini dibuat dengan cinta, segelas kopi hitam dan beberapa cemilan, jadi mungkin akan panjang dan sedikit melebar demi membuat artikel yang panjang dan dicintai google, prett :D 

Tulisan kali ini di tujukan kepada teman-teman yang
Peternak blogger
Pemain export import wp blogger
Jika teman teman punya blog yang sudah banyak visitor, takut kehilangan, maka tunggu tutorial selanjutnya dari dug agc bagaimana cara pindah wordpress ke blogger tanpa takut kehilangan pengunjung.

Jaadi intinya tulisan ini bukan untuk yang ingin memindahkan wordpress full ( termasuk domain).

Ok lanjut...


Cara Pindah Konten Wordpress ke Blogspot

Cara Pindah Konten Wordpress ke Blogspot, tutorial ini khusus untuk pemula. Sebenarnya keyword atau kata yang tepat untuk mencari tutorial seperti ini adalah cara "Wordpress to blogspot".

Saya lebih senang mencari sesuatu dengan keyword bahasa inggris, karena menurut saya kontennya gag "tanggung-tanggung", kupas tuntas.

Cara untuk migrasi dari wordpress ke blogspot sebenarnya sangat mudah, hanya saja ada beberapa tool yang harus anda miliki. Kita bahas dibagian bawah.

Alasan menggunakan blogger di banding wordpress ( ! subdomain.wordpress.com) adalah gratis, dan bisa menampung banyak sekali visitor. Saya masih menggunakan teknik ini "ternak blogger". Seperti contoh di blognya lirik dugagc. Blog ini di buat dengan teknik export import.

Apa itu "wordpress"? wordpress.org wordpress.com?


wp + adsense? 
Mungkin masih banyak yang bingung dengan wordpress,ada wordpress.org dan ada juga wordpress.com dan lain sebagainya.

Wordpress adalah skrip php/ aplikasi web yang digunakan untuk membuat blog, saya sendiri menyebutnya CMS. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL.

WordPress ada dua versi, yakni versi instan dan versi instal. Versi instan bisa didapatkan dengan mendaftar di WordPress.com, sedangkan versi instal atau WordPress self-hosted bisa didapatkan dengan mengunduhnya dari WordPress.org(rekomended).

Keduanya bisa digunakan gratis, penggunaannya pun hampir sama / kurang lebih sama, baik dari cara postingnya, cara membuat halaman statis / page, settingan umum, upload file, dan lain sebagainya.

Untuk tampilan layout halaman admin, halaman muka, struktur CMS nya, bahasa pemrogaman, pun juga sama.

Anda bisa lihat penjelasan dibawah ini dari wpmu.org atau bisa membaca penjelelasannya disini https://en.support.wordpress.com/com-vs-org/
http://startbloggingonline.com/

Wordpress.com vs wordpress.org

Jika anda ingin menggunakan wordpress maka pilihlah self hosted wordpress (download wordpress dari wordpress.org/download, Jika anda tidak paham bagaimana cara installnya tidak usah khawatir, sekalipun tidak paham dengan pemrograman php anda bisa memasang aplikasi ini hanya dengan "klik-klik next", namun sebelumnya yang perlu anda siapkan adalah:

1. Beli Domain dan Hosting

Domain digunakan untuk menentukan alamat web kita nanti, misalnya dugagc.com, lebih cantik dibanding dengan https://dugagece.blogspot.com bukan?.  Sedangkan hosting adalah tempat kita menyimpan file file seperti gambar, dan file wordpress itu sendiri. Harga sewa domain beragam, mulai dari puluhan sampai ratusan ribu begitu juga halnya dengan hosting.

Beli domain dan hosting dimana?
Silahkan cari di salah satu website ini. Nomor hanya sebagai urutan saja.
1.RumahWeb.com
2.IDWebhost.com
3.Dracoola.com

Saya lebih suka mencari domain di namecheap.com dan hosting di hawkhost! Pembayaran menggunakan dolar (via paypal). Beda tempat beli domain dan beli hosting bisa ya?? BISA. Nanya nanya bisa disini fb.com/dugagc

Hosting yang cocok buat saya yang mana?

Tergantung dengan kebutuhan anda, jika baru belajar saya sarankan untuk tidak menyewa hosting yang spesifikasinya terlalu tinggi dan mahal kecuali budget anda mengizinkan.. ☝

Domain yang cocok buat saya yang mana?
Usahakan yang ujungnya dot com (.com), kalau tidak tersedia? usahakan yang dot com, cari kata lain.

2. Installasi Wordpress

Untuk instalasi wordpress anda dapat menggunakan aplikasi seperti Softaculous, yang telah disediakan hosting, tinggal pilih wordpress, atur beberapa konfigurasi lalu klik install. Jika ada masalah tanya saja dengan pihak Customer Service hosting.

Ok, setelah website anda online anda bisa memulai menulis dan mengatur tema ataupun plugin-plugin. Inilah kelebihan yang sangat menonjol dari wordpress di banding dengan blogger, kita bisa menambah plugin-plugin yang berguna untuk mempermudah kinerja dalam ng-blog/blogging, baik mencari konten atau copy paste blog orang lain(not rekomended) ☺ 

Plugin plugin ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, untuk keperluan blog Agc biasanya tidak ada yang gratis. Kita tidak bahas agc di tulisan ini. 


Cara Pindah Konten Wordpress ke Blogspot

Back to topic, kita lagi bahas cara pindah dari worpress ke blogspot. Sebelumnya silahkan jawab pertanyaan berikut, Apakah web anda banyak gambar dan disimpan di hosting?

Perlu anda ketahui, semua gambar yang ada di hosting anda tidak akan terimport/diupload kedalam blogspot, walaupun demikian gambar akan tetap tampil selama hosting anda online. [hotlinking image].

1. Export 

Login kedalam wordpress anda kemudian anda masuk kedalam menu Tools->Export - Download Export file

2. Import

Sebelum import, kita harus mengolah file hasil export terlebih dahulu. Jika file hasil export melebihi 2MB saya sarankan untuk di split (pecah menjadi 2mb), bisa pakai tool The WXR File Splitter.

Setelah file di pecah, maka anda bisa mengkonvertnya menggunakan situs http://wordpress2blogger5.appspot.com/, atau bisa menggunakan tool Wordpress2Blogger Converter.exe

Done, File hasil konvert bisa di import ke blogger.

Saya yakin semuanya bisa walaupun tanpa gambar, karena hanya klik klik next browse,dst. Namun jika ada kendala saat pindah wp ke blogspot ditulisan ini, bisa chat ke fanspage dug agc. Tapi sebelumnya jangan lupa dilike.

CMIIW, Kalau ada salah kata, kalimat, atau makna maka silahkan kirimkan sarannya. Saya bukan mastah atau sejenisnya, hanya saja saya seorang yang gemar ngeblog, terjun kedunia blogging baru tahun 2015 (dihitung semenjak menghasilkan) :D

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Notification ! {New!}
Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.

Related : Cara Pindah Konten Wordpress ke Blogspot

Ayo sob di komen, kalau ada salah atau saran, kritik boleh coret coret dibawah, gratis kok!